Berkembangnya teknologi menjadi tantangan bagi para pengajar untuk bisa memanfaatkan sebaik mungkin teknologi pada media pembelajaran. Era revolusi industri 4.0 yang di tandai dengan adanya teknologi baru yang mana terdapat kolaborasi antara peralatan fisik atau digital dengan Internet of Things untuk membantu perkembangan manusia. Bersamaan dengan itu, revolusi pendidikan juga tengah berada pada era 4.0. Hal tersebut ditandai dengan sistem pembelajaran yang mandiri dan berpusat pada peserta didik dengan dampak penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran. Maka dari itu tujuan dari penelitian kali ini adalah untuk meneliti kebutuhan pembelajaran digital melalui video based learning terhadap kemampuan taruna dalam memahami materi bidang AIS. Metode yang digunakan adalah pendekatan riset dan pengembangan dengan metode design thinking dan menyebarkan kuesioner untuk memperoleh data yang relevan. Dengan demikian diperolehlah hasil yang positif penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran berbanding lurus dengan peningkatan kemampuan taruna dalam memahami pelajaran AIS karena mudahnya akses terhadap pembelajaran kapanpun dan dimanapun.
Copyrights © 2024