Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA KELAS 4 DI UPT SPF SD NEGERI GUNUNG SARI II KOTA MAKASSAR

Nur Hikmah (Universitas Islam Makassar)
Wahyullah Alannasir (Universitas Islam Makassar)
Erniati Erniati (Universitas Islam Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw di Kelas IV UPT SPF SD Negeri Gunung Sari II, serta dampaknya terhadap hasil belajar dan keterampilan berbicara siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya evolusi positif dalam peningkatan hasil belajar dan keterampilan berbicara siswa. Pada Siklus I, fokus utama terletak pada pemahaman konsep, interaksi antar siswa, dan penguasaan materi. Kemudian, pada Siklus II, terdapat peningkatan signifikan dalam hasil evaluasi siswa, yang mencerminkan kemajuan yang konsisten dalam pemahaman materi dan keterampilan berbicara. Implementasi model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berbicara siswa secara keseluruhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...