Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 1 BATANG KUIS

Andriani, Ade (Unknown)
Nasution, Beby Nadia (Unknown)
Sihotang, Desti Rahel Ayunda (Unknown)
Marpaung, Samudera Efendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Batang Kuis. Model Discovery Learning memungkinkan siswa secara mandiri mengeksplorasi konsep dan menyelesaikan masalah. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimen dengan dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Berdasarkan hasil pretest dan posttest, ditemukan bahwa kedua kelas memiliki distribusi data normal dan varian homogen. Namun, hasil uji ANOVA menunjukkan adanya perbedaan rata-rata skor pretest, sementara posttest tidak menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelas. Dengan demikian, model Discovery Learning tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar Matematika siswa. Faktor-faktor seperti durasi implementasi, kesiapan siswa, serta keterampilan guru dalam menggunakan metode ini kemungkinan berpengaruh terhadap hasil penelitian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...