Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH MINDFULNESS TERHADAP PENGURANGAN STRES PADA MAHASISWA

Sihombing, Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mindfulness terhadap pengurangan stres pada mahasiswa melalui pendekatan studi literatur. Mahasiswa sering kali menghadapi berbagai tekanan akademik yang menyebabkan tingkat stres tinggi, yang berdampak negatif pada kesejahteraan mental dan fisik mereka. Mindfulness, yang berfokus pada peningkatan kesadaran terhadap momen saat ini tanpa penilaian, terbukti sebagai intervensi yang efektif dalam membantu mahasiswa mengelola stres. Dengan meninjau berbagai studi empiris, penelitian ini menemukan bahwa praktik mindfulness secara konsisten berhubungan dengan penurunan gejala stres dan peningkatan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa. Studi-studi yang ditinjau juga menunjukkan bahwa program mindfulness yang diterapkan selama delapan minggu secara signifikan dapat menurunkan tingkat kecemasan, depresi, dan kelelahan di kalangan mahasiswa. Selain itu, mindfulness juga membantu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengelola tugas akademik dan tekanan hidup sehari-hari. Meskipun demikian, penelitian ini menemukan adanya research gap dalam hal durasi program mindfulness yang ideal serta keberlanjutan latihan di luar lingkungan program formal. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi mindfulness secara lebih luas dalam lingkungan pendidikan tinggi sebagai bagian dari strategi pengelolaan stres mahasiswa. Penelitian lebih lanjut juga disarankan untuk mengeksplorasi dampak jangka panjang mindfulness dalam konteks pendidikan Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...