Rendahnya hasil belajar matematika khususnya menentukan keliling bangun datar dipengaruhi oleh rendahnya minat belajar siswa. Selama ini pembelajaran matematika di sekolah dasar terkesan menakutkan. Sehingga proses belajar mengajar tidak dapat berjalan maksimal. Oleh karena itu, peneliti berusaha menumbuhkan minat belajar matematika. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan makanan tradisional. Makanan tradisional dapat menumbuhkan minat belajar matematika khususnya menentukan keliling bangun datar sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 6 yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Melalui penelitian tersebut ditemukan bahwa proses belajar mengajar yang menyenangkan dapat menumbuhkan minat belajar yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Belajar matematika yang awalnya terkesan menakutkan, ternyata bisa berubah menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Hal ini ditandai dengan pembelajaran interaktif. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan tercapainya nilai siswa pada saat pretest dan posttest. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari 19 siswa sebesar 51,35% menjadi 32 siswa sebesar 86,49%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 67,84 menjadi 83,92
Copyrights © 2024