Anemia merupakan sesuatu hal yang sangat penting untuk diketahui oleh remaja putri. Dari data yang didapatkan 28,1% persen remaja putri di Indonesia mengalami anemia. Dampak remaja putri jika mengalami anemia dapat menurunkan kualitas kerja dalam kehidupan sehari-hari, mencegah terjadinya perdarahan dan penting dalam mempersiapkan kehamilan untuk menghasilkan keturunan yang berkualitas. Media wordwall digunakan agar remaja putri lebih memahami tentang anemia dan dapat meningkatkan pengetahuan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di SMPN 40 Batam, dengan populasi siswi SMPN 40 Batam dan sampel sebanyak 64 orang. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan True Eksperimen Pretest-Posttest kepada 2 kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing 32 orang. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji fisher didapatkan hasil thitung = 3,203 > ttabel = 2,309. Penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan adanya peningkatan pengetahuan bagi remaja yang di berikan media wordwall dan yang tidak diberikan perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa media wordwall sangat efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswi di SMPN 40 Batam.
Copyrights © 2024