Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani anak tunanetra di SLB Kota Pekanbaru. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah guru SLB Kota Pekanbaru yang berjumlah 9 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 9 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani anak tunanetra di SLB Kota Pekanbaru termasuk pada rentang nilai 81-100% atau dalam kategori sangat kuat dengan persentase sebesar 81.01%. Harapan penelitian ini adalah agar hasil yang diperoleh dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pendekatan, strategi, dan metode yang paling efektif dalam pembelajaran pendidikan jasmani bagi anak tunanetra di sekolah luar biasa (SLB). Selain itu, penelitian ini juga diharapkan memberikan kontribusi dalam merumuskan kebijakan pendidikan yang lebih baik, khususnya dalam bidang olahraga bagi siswa berkebutuhan khusus, guna meningkatkan kualitas pendidikan jasmani di SLB, khususnya di Kota Pekanbaru.
Copyrights © 2024