Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

ANALISIS KELAYAKAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KULINER TRADISIONAL: STUDI KASUS KUE PUKIS KOTA BARU DI MEDAN

Lubis, Putri Kemala Dewi (Unknown)
Dianita, Ami (Unknown)
Pasaribu, Gita Nurhalizah (Unknown)
Sapma, Putri Nidia (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Usaha mikro kuliner tradisional memiliki peran penting dalam ekonomi lokal, namun seringkali menghadapi tantangan dalam pengembangan dan keberlanjutan usaha. Penelitian ini bertujuan menganalisis kelayakan dan merumuskan strategi pengembangan usaha mikro melalui studi kasus Kue Pukis Kota Baru di Kota Medan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan analisis dokumen. Responden penelitian meliputi pelaku usaha, konsumen, dan pemangku kepentingan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha Kue Pukis memiliki potensi pengembangan yang signifikan dengan tingkat kelayakan usaha mencapai 76,5%. Faktor kunci keberhasilan meliputi kualitas produk, jejaring pemasaran, dan inovasi produk. Strategi pengembangan yang direkomendasikan mencakup peningkatan kapasitas produksi, diversifikasi varian produk, optimalisasi pemasaran digital, dan pemberdayaan pelaku usaha melalui pendampingan berkelanjutan. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi pengembangan usaha mikro kuliner tradisional dan memberikan rekomendasi konkret untuk peningkatan daya saing.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...