Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU DI SDN 2 PENGKOLREJO

Sripurwati Sripurwati (Universitas PGRI Semarang)
Titik Haryati (Universitas PGRI Semarang)
Endang Wuryandini (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas guru di SDN 2 Pengkolrejo. Jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mengeksplorasi peran kepala sekolah dalam penguatan kapasitas guru di SDN 2 Pengkolrejo, Kecamatan Japah Blora. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, 11 guru, staf administrasi, siswa, dan wali siswa, dengan tujuan mendapatkan perspektif yang beragam terkait peningkatan kapasitas guru. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi, yang memungkinkan pemahaman mendalam tentang interaksi dan program yang diterapkan. Analisis data dilakukan dengan metode analisis tematik, meliputi transkripsi, pengkodean, pengembangan tema, dan interpretasi untuk memahami pola dan makna dari hasil penelitian. Validitas data dijaga melalui triangulasi sumber dan teknik member check untuk memastikan konsistensi dan keakuratan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memainkan peran kunci dalam tiga aspek utama: pembinaan profesional, pemantauan kinerja, dan pemberian umpan balik. Kepala sekolah secara aktif melakukan pembinaan melalui pelatihan dan diskusi kelompok yang efektif, yang berdampak positif terhadap pengembangan kompetensi dan rasa percaya diri guru. Melalui pemantauan langsung di kelas, kepala sekolah juga membantu guru memahami area yang perlu ditingkatkan dalam pengajaran. Selain itu, umpan balik yang konstruktif dan spesifik memberikan panduan yang jelas bagi guru untuk melakukan perbaikan berkelanjutan. Temuan ini menegaskan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor berkontribusi signifikan dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung peningkatan profesionalisme guru dan kualitas pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...