Penjualan online telah menjadi salah satu strategi krusial bagi pelaku bisnis ritel maupun pola kemitraan dalam menghadapi dinamika pasar yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam efektivitas implementasi sistem penjualan online berbasis ritel dan pola kemitraan terhadap peningkatan volume penjualan dengan fokus pada studi kasus Online Shop Brand Zinnia. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif guna menggambarkan fenomena yang ada serta memperoleh pemahaman tentang efektivitas implementasi sistem penjualan online untuk peningkatan volume penjualan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu melalui observasi dan wawancara yang dilakukan pada pemilik atau owner Zinnia, manajer produksi, admin penjualan, distributor, reseller dan konsumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemasaran ritel Zinnia belum memberikan peningkatan volume penjualan tetapi berhasil meningkatkan jumlah pengikut atau followers di media sosial. Sedangkan implementasi sistem penjualan online berbasis pola kemitraan memiliki dampak positif terhadap volume penjualan Zinnia. Kolaborasi yang kuat dengan mitra Zinnia, seperti penyedia logistik dan platform web, memungkinkan Zinnia untuk meningkatkan efisiensi operasional, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan volume penjualan.
Copyrights © 2024