Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

EFEKTIVITAS APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BANGUNAN DAN GEDUNG (SIMBG) DALAM PENERBITAN PBG DAN SLF DI DINAS CIPTA KARYA, TATA RUANG, DAN PERTANAHAN KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR (STUDI PADA EFEKTIVITAS APLIKASI SIMBG TERHADAP PENERTIBAN PBG DAN SLF

Noorrachmi, Noorrachmi (Unknown)
Saipul, Saipul (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

E-government merupakan upaya pemerintah untuk mengembangkan pelayanan publik menggunakan kemudahan yang disediakan oleh teknologi yang semakin pesat perkembangannya. Mendukung upaya tersebut, DISCKTRP turut serta dalam upaya tersebut dengan menawarkan pelayanan digital sesuai ketentuan PP No. 16 Tahun 2021 menggunakan aplikasi SIMBG yang mulai digunakan pada bulan Juli tahun 2021 di Kotim. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas pelayanan penerbitan PBG dan SLF melalui aplikasi SIMBG di DISCKTRP. Mengikuti teori dari arti efektivitas yang dikemukakan Sondang P. Siagian, oleh karena itu fokus indikator penelitian ini adalah 1. pemanfaatan sumber daya, 2. sarana dan prasarana, dan 3. kegiatan yang akan dijalankan. Penelitian ini akan memperlihatkan seberapa efektif aplikasi SIMBG dapat berkembang dan mudah digunakan oleh masyarakat umum, instansi pemerintah terkait, dan para pelaku usaha di Kota Sampit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...