Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penerapan metode card sort untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri Wakarleli. Jenis penilitian ini adalah Penilitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat relektif, kolaboratif dan bertujuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan terhadap sistem, cara kerja, proses, isi dan kompetensi atau situasi pembelajaran. Penilitian ini berlokasi pada SD Negeri Wakarleli Kabupaten Maluku Barat Daya. Dari peelitia ini peneliti mengambil 9 (sembilan) orang siswa dari 20 (dua puluh) orang siswa yang ada di kelas II SD Negeri Wakarleli. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca permulaan dari tes awal 49,65% meningkat pada Siklus I menjadi 65,11% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 74,11%, sehingga pada siklus II ketuntasan kriteria minimal (KKM) tercapai dari dari 9 orang siswa yang ada di kelas II SD Negeri Wakarleli. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode card sort dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan.
Copyrights © 2024