Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode fonik terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Immanuel Kids Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan diterapkan metode eksperimen (experimental research) dengan desain Time Series Design. Populasi penelitian ini ialah seluruh anak usia 5-6 tahun di TK Immanuel Kids Kelas B yang berjumlah 30 orang anak. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik random sampling dengan sampel yaitu berjumlah 15 orang anak. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik nonparametrik yaitu Uji Wilcoxon. Hasil perhitungan dan uji hipotesis data diperoleh nilai = 6 dan = 25 ( dengan taraf signifikan 0,05) maka nilai < dari 0,05 sehingga hipotesis menyatakan terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan metode fonik terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Immanuel Kids Medan.
Copyrights © 2024