Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH METODE FONIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IMMANUEL KIDS MEDAN

Sihombing, Henni Anastasia (Unknown)
Damanik, Suri Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode fonik terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Immanuel Kids Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan diterapkan metode eksperimen (experimental research) dengan desain Time Series Design. Populasi penelitian ini ialah seluruh anak usia 5-6 tahun di TK Immanuel Kids Kelas B yang berjumlah 30 orang anak. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik random sampling dengan sampel yaitu berjumlah 15 orang anak. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik nonparametrik yaitu Uji Wilcoxon. Hasil perhitungan dan uji hipotesis data diperoleh nilai = 6 dan = 25 ( dengan taraf signifikan 0,05) maka nilai < dari 0,05 sehingga hipotesis menyatakan terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan metode fonik terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Immanuel Kids Medan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...