Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual mata Pelajaran IPAS pada kurikulum Merdeka di SDN 17 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu mendeskripsikan gejala, peristiwa serta kejadian yang terjadi yaitu berupa Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada mata Pelajaran IPAS di SDN 17 Pekanbaru. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pola berfikir induktif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPAS di SDN 17 Pekanbaru dapat berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dalam proses belajar mengajar selalu menggunakan berbagai metode, media, dan sumber belajar. Disamping itu, SDN 17 Pekanbaru juga mengkaji materi yang telah diajarkan dan melihat kondisi siswa sebagai subjek pendidikan, sarana, rencana pembelajaran hingga pada penilaian sebenarnya. Dalam penilaian IPAS tidak hanya melalui tes tertulis tetapi juga pengamatan terhadap perkembangan kemampuan dan tingkah laku siswa dalam mengikuti pembelajaran IPAS serta dalam kehidupan mereka seharihari. Jadi, ketujuh komponen pendekatan pembelajaran kontekstual yaitu: konstruktivisme, inquiry, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik; sudah ada dan diterapkan sebagai pendekatan pembelajaran pada mata pelajaran IPAS di SDN 17 Pekanbaru ini.
Copyrights © 2024