Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

MENTORING INFORMATIKA MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE PADA SISWA KELAS 9 SMPN 5 ANGGERAJA

Yanti, Irdah (Unknown)
Suhardiman, Suhardiman (Unknown)
Jusman, Jusman (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji program mentoring informatika menggunakan Microsoft Office pada siswa kelas 9 SMPN 5 Anggeraja dengan metode kualitatif studi kasus. Studi dilakukan selama dua bulan untuk menganalisis perkembangan kemampuan siswa dalam menggunakan Microsoft Office dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan digital siswa, dengan persentase siswa yang mampu memformat dokumen meningkat dari 25% menjadi 80%. Interaksi mentor-siswa dan pendekatan pembelajaran yang holistik terbukti efektif dalam mentransformasi pemahaman dan kepercayaan diri siswa dalam menggunakan teknologi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa program mentoring terstruktur dapat meningkatkan keterampilan aplikasi perkantoran hingga 75% dibandingkan metode konvensional, menekankan pentingnya pemberdayaan digital di kalangan remaja.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...