Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kelayakan dan Kepraktisan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis K13 dalam Implementasi Kurikulum Merdeka kelas VIII MTs Al-Mubarak Tacipi. Peneliti ini menggunakan model pengembangan 4D. Perangkat pembelajaran ini sudah dikembangkan dan dilakukan validasi oleh ahli dan guru untuk mengetahui tingkat kelayakan. Dan dilakukan uji coba untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran matematika berupa modul ajar pada materi pola bilangan. Adapun tingkat kelayakan dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada tahap validasi, diperoleh hasil validasi 88% dengan kategori sangat layak. Adapun tingkat kepraktisan dan kefektifian dari perangkat pembelajaran yang diuji coba dapat dilihat dari angket keterlaksanaan pembelajaran 100% dengan kategori sangat baik, angket aktivitas siswa 82.8% dengan kategori aktif, dan angket respons siswa 87.85% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis K13 dalam Implementasi Kurikulum Merdeka kelas VIII MTs Al-Mubarak Tacipi layak, praktis dan efektif untuk digunakan.
Copyrights © 2024