Transportasi massal merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk mengurangi tingkat kepadatan kendaraan di dua kota tersebut. Bentuk pelayanan publik yang sangat dibutukan oleh masyarakat diantaranya adalah pelayanan publik di bidang jasa, seperti halnya jasa transportasi publik. Bus Trans Jatim Koridor II belakangan ini masyarakat mulai komplain terkait dengan pelayanan Bus Trans Jatim, beberapa masyarakat komplain karena penempatan halte yang hanya ada di beberapa titik kota, waktu operasional lama, kurangnya kenyamanan, kurangnya armada bus dan rute perjalanan lalu kebersihan pada halte. Penelitian ini menggunakan merode IPA (Importance Performance Analysis) yaitu teknik yang mudah digunakan untuk mengidentifikasi atribut – atribut produk atau layanan yang paling penting dalam pengembangan yang memungkinkan tanpa mengorbankan kualitas secara keseluruhan dan signifikan. Hasil menunjukkan bukti fisik dari 9 indikator masih terdapar 2 indikator yang memiliki angka negatif, kehandalan dari 7 indikator masih terdapat 3 yang memiliki nilai negative, ketanggapan dari 7 indikator masih terdapat 4 indikator yang kurang memuaskan penumpang, empati dari 7 indikator memiliki nilai positif yang penumpang terpuaskan dengan pelayanan bus trans jatim, jaminan memiliki paling banyak indikator dan memiliki nilai paling positif.
Copyrights © 2024