Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH METODE DISKUSI KELAS TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGANALISIS ISU-ISU SOSIAL KONTEMPORER

Wahyudin, Mokhammad (Unknown)
Lindawati, Lindawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode diskusi kelas terhadap kemampuan siswa dalam menganalisis isu-isu sosial kontemporer. Metode studi literatur digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis berbagai penelitian terdahulu yang relevan dengan topik ini. Diskusi kelas dianggap sebagai metode pembelajaran aktif yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, memperdalam pemahaman mereka terhadap isu sosial, serta memfasilitasi keterlibatan kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskusi kelas memiliki pengaruh positif dalam mengembangkan kemampuan analisis siswa terhadap isu-isu sosial kontemporer. Selain itu, diskusi kelas juga memberikan peluang bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi, yang sangat penting dalam dunia sosial yang semakin kompleks. Namun, tantangan dalam penerapan diskusi kelas, seperti ketimpangan partisipasi dan kurangnya fasilitasi yang efektif dari guru, dapat mempengaruhi hasil yang dicapai. Oleh karena itu, disarankan agar pendidik memperoleh pelatihan untuk meningkatkan keterampilan fasilitasi dan memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk meningkatkan inklusivitas dalam diskusi kelas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam membekali siswa dengan keterampilan analisis sosial yang dibutuhkan di era kontemporer.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...