Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH E-MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH KONSUMEN MILENIALS MELALUI MINAT PRODUK FASHION MUSLIMAH PADA PLATFORM MARKETPLACE INDONESIA

Dian Wahyuni (Universitas Asahan)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh elemen-elemen bauran pemasaran digital (e-marketing mix) terhadap keputusan pembelian konsumen milenial pada produk fashion muslimah di platform marketplace Indonesia dengan minat produk sebagai variabel mediasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling non-probabilitas, melibatkan 330 responden yang pernah berbelanja di Shopee dan TikTok Shop. Analisis data menggunakan model persamaan struktural (SEM). Hasil menunjukkan bahwa elemen produk, harga, promosi, proses, dan bukti fisik memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara langsung maupun melalui minat konsumen. Sebaliknya, lokasi dan peran manusia tidak memiliki pengaruh signifikan. Penelitian ini merekomendasikan strategi peningkatan promosi kreatif dan relevan, penguatan visual produk, serta optimalisasi proses digital untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...