Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam mata pelajaran Proses Bisnis di bidang Akuntansi Keuangan Lembaga yang ditunjukan untuk siswa kelas 10 SMK jurusan Akuntansi. Analisis butir soal ini bermaksud untuk mengukur ketepatan serta kesesuaian kualitas soal hots dengan tujuan dari evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah distribusi kuesioner. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan data yang diperoleh melalui kuesioner berbasis Google Form (GForm), diujikan kepada 14 siswa SMK jurusan Akuntansi. Soal-soal HOTS yang diujikan dalam kuesioner ini kemudian dievaluasi menggunakan software ANATES v4 untuk mengukur validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda soal, dan kualitas pengecoh. Hasil dari penelitian berupa analisis kualitas butir soal HOTS , dimana terdapat 4 soal dinyatakan valid dan 6 soal yang dianggap masih perlu diperbaiki. 40% soal masih tergolong mudah sehingga belum dianggap memenuhi kriteria soal HOTS, oleh karena itu,diperlukan adanya revisi terkait soal tersebut.
Copyrights © 2024