Peran kepemimpinan transformasioal untuk membangun kerjasama tim merupakan kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan organisasi termasuk dalam dunia pendidikan. Tujuan utama dari penenlitian ini adalah untuk menggali pemahaman yang komperhensif mengenai peran kepemimpinan transformasional dapat membangun Kerjasama tim dalam proses perencanaan Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggali data melalui wawancara, observsi, dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMP Plus Babussalam telah berhasil membangun kerjasam tim yang kuat dalam proses perencanaan Pendidikan. Hal ini ditujukkan oleh peningkatan komunikasi, partisipasi, komitmen, dan inovasi diantara anggota tim. Namun, perlu dilakukan rangkaian Tindakan berkelanjutan untuk menangani tantangan yang dihadapi seperti memberikan pelatihan kepada guru dan memberikan dukungan yang besar terhadap kegiatan perencanaan agar mencapai tujuan Pendidikan yang ingin dicapai.
Copyrights © 2024