Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING MELALUI APLIKASI QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI IPA MA AS’ADIYAH MATTIROWALIE

Faslan, Zul (Unknown)
Suhardiman, Suhardiman (Unknown)
Amir, Asmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model blended learning melalui aplikasi quipper school terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas XI IPA MA As’adiyah Mattirowalie. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah 22 siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 19 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen pembelajaran menggunakan model blended learning melalui aplikasi quipper school, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan model blended learning melalui aplikasi quipper school terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil analisis uji independent samples test menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Taraf signifikansi 0,05 menunjukkan Pvalue (sig. (2-tailed)) sebesar 0,000 < 0,05. Dan diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,220 > 2,086. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa (post-test) pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 80,32 dari pada rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu 51,32.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...