Wawasan Nusantara dikenalkan sejak dini di SD dengan konsep sederhana, seperti persatuan dalam keberagaman, menjaga keutuhan wilayah, menghargai budaya lokal sebagai identitas bangsa, serta mengenal budaya dan tokoh pemersatu. Di era globalisasi, akses teknologi tanpa batas mendorong pentingnya menjaga nilai-nilai bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas instrumen tes pemahaman siswa kelas V SD terhadap materi Wawasan Nusantara. Instrumen berupa soal uraian dirancang berdasarkan pendekatan 4-D (define, design, develop, disseminate). Subjek penelitian ini terdiri dari 23 siswa kelas V B di SD 1 Nagri Kaler, Kabupaten Purwakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal memiliki validitas yang memadai dan reliabilitas sangat tinggi. Analisis tingkat kesukaran menunjukkan soal tergolong mudah, sedang, dan tidak ada soal sulit. Dari segi daya pembeda, sebagian besar soal berada pada kategori cukup, dengan hanya dua soal pada kategori baik. Kekurangan ditemukan pada distribusi tingkat kesukaran yang belum seimbang dan kurangnya variasi level kognitif tinggi. Penelitian ini menyarankan perbaikan soal untuk mendukung kemampuan pemahaman siswa terhadap materi wawasan Nusantara.
Copyrights © 2024