Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 2 (2025): Volume 8 No. 2 Tahun 2025

PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP EFEKTIVITAS KAHOOT SEBAGAI MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN

Handayani, Risma (Unknown)
L, Muhajirin (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman mahasiswa terhadap efektivitas penggunaan Kahoot sebagai media pembelajaran dalam mata kuliah Strategi Pembelajaran. Kahoot, sebagai salah satu media pembelajaran berbasis teknologi, menawarkan pengalaman interaktif dan menarik yang diharapkan dapat meningkatkan partisipasi, motivasi, serta pemahaman mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini di STAI Al-Gazali Soppeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki pemahaman yang baik terhadap manfaat Kahoot, seperti kemudahan dalam memahami materi, peningkatan keterlibatan aktif dalam pembelajaran, serta terciptanya suasana belajar yang menyenangkan. Namun, terdapat beberapa kendala yang diidentifikasi, seperti kebutuhan akan koneksi internet yang stabil dan keterbatasan waktu dalam pelaksanaan kuis. Temuan ini menunjukkan bahwa Kahoot dapat menjadi media yang efektif dalam proses pembelajaran, terutama dalam meningkatkan antusiasme dan pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah. Penelitian ini merekomendasikan integrasi Kahoot secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran, dengan memperhatikan kesiapan infrastruktur teknologi dan pengelolaan waktu yang optimal, untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran secara maksimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...