Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sarana dan prasarana terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar Swasta (SDS) Cahaya Islam Johar Baru, Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei, dan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif kuantitatif, dan pengolahan data dilakukan menggunakan program SPSS for Windows V.24.0. Beberapa tahap analisis data yang dilakukan meliputi Uji Kualitas Data, Uji Regresi Sederhana, Uji Hipotesis, dan perhitungan Koefisien Determinasi (Kd). Hasil analisis menunjukkan bahwa sarana dan prasarana memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SDS Cahaya Islam Johar Baru. Hal ini terbukti dari uji hipotesis yang menunjukkan nilai t-hitung (5,519) lebih besar daripada t-tabel (1,669). Selain itu, analisis Koefisien Determinasi menunjukkan bahwa pengaruh sarana prasarana terhadap motivasi belajar siswa adalah sebesar 33,3%. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, peningkatan sarana dan prasarana, melalui berbagai indikator yang relevan, dapat dijadikan prioritas bagi pihak sekolah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di masa yang akan datang..
Copyrights © 2024