Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI WORDWALL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS 2 SD NEGERI 062/IV KOTA JAMBI

Anggelina, Selin Edri (Unknown)
Indryani, Indryani (Unknown)
Nugraha, Ugi (Unknown)
Sulistiyo, Urip (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat di abad ke-21 menuntut pendidik untuk memanfaatkan media pembelajaran inovatif guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Namun, kenyataannya masih banyak pendidik yang menggunakan metode konvensional, yang cenderung membuat siswa merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II SD Negeri 62/IV Kota Jambi dengan menerapkan aplikasi Wordwall sebagai media pembelajaran interaktif. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa kelas II yang terbagi atas 10 perempuan dan 12 laki-laki. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis berdasarkan indikator motivasi belajar, yaitu hasrat untuk berhasil, dorongan belajar, harapan masa depan, kegiatan belajar yang menarik, dan lingkungan belajar yang kondusif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus I pertemuan I, hanya 31,81% siswa yang memenuhi kriteria motivasi belajar, meningkat menjadi 40,90% pada pertemuan II. Pada siklus II, peningkatan lebih signifikan terlihat dengan persentase 72,72% pada pertemuan I dan 81,81% pada pertemuan II. Penerapan media Wordwall terbukti mampu menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menarik, sehingga siswa lebih termotivasi dan memahami materi dengan lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...