Penerapan deep learning dalam pembelajaran berpotensi memberikan kontribusi besar terhadap pengembangan literasi membaca siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan umtuk mengetahui pengaruh penerapan deep learning terhadap kemampuan literasi membaca siswa kelas VI SD Negeri Tiakur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan adalah Post-test Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan melihat nilai ulangan harian. Sehingga terpilih kelas VI-A dan VI-D. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan literasi membaca. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas dua, yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan deep learning dalam pembelajaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi membaca siswa kelas VI SD Negeri Tiakur. Penerapan deep learning dapat dijadikan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025