Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 2 (2025): Volume 8 No. 2 Tahun 2025

TELAAH LITERATUR: TANTANGAN DAN STRATEGI DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD 21 PADA GENERASI Z

Nurazizah, Siti (Unknown)
Hajali, Siti Herlina (Unknown)
Natasya, Aulia (Unknown)
Oktaviani, Ria (Unknown)
Usman, Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tantangan-tantangan yang dihadapi dalam upaya pengembangan keterampilan abad 21 pada Generasi Z. Melalui metode studi literatur, penelitian ini mengkaji berbagai sumber ilmiah terkait karakteristik Generasi Z, kebutuhan keterampilan abad 21 dalam konteks global, serta strategi dan hambatan dalam implementasi pendidikan berbasis keterampilan tersebut. Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat beberapa tantangan utama, di antaranya: kesenjangan digital, ketidaksesuaian antara kurikulum pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja, kurangnya integrasi teknologi dalam pembelajaran, metode pengajaran konvensional yang kurang relevan, serta perbedaan karakteristik belajar Generasi Z yang membutuhkan pendekatan berbeda. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pendidik, institusi pendidikan, dan pemangku kebijakan untuk mengembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih adaptif, kolaboratif, dan terintegrasi dengan teknologi digital guna mempersiapkan Generasi Z menghadapi tantangan global di abad 21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...