Dalam era transformasi digital yang semakin pesat, teknologi Artificial Intelligence (AI) mulai memainkan peran signifikan dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dampak penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam menyesuaikan materi pemmbelajaran bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka (literature review) sebagai pendekatan utama untuk menganalisis dan memahami dampak penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam menyesuaikan materi pembelajaran bagi siswa Sekolah Dasar. AI telah terbukti berperan signifikan dalam mengadaptasi materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, dan gaya belajar siswa secara individual. Sistem pembelajaran berbasis AI, seperti Intelligent Tutoring Systems (ITS) dan adaptive learning platforms, mampu menganalisis performa siswa secara real-time dan memberikan materi yang sesuai sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Personalisasi ini penting di tingkat Sekolah Dasar mengingat keragaman perkembangan kognitif dan karakteristik belajar anak-anak.
Copyrights © 2025