Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 4 Langkat untuk mengetahui strategi guru fikih dalam perencanaan bahan pembelajaran untuk siswa kelas VII MTs Negeri 4 Langkat. berdasarkan observasi yang dilakukan di MTs Negeri 4 Langkat peneliti menemukan bahwa guru fikih untuk siswa kelas VII MTs Negeri 4 Langkat menyusun perencanaan bahan pembelajaran yang dinilai kurang efektif, sehingga dalam proses pembelajaran tidak maksimal terhadap siswa kelas VII MTs Negeri 4 Langkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi-strategi yang disusun oleh guru mata pelajaran Fikih dalam perencanaan bahan pembelajaran unruk siswa kelas VII MTs Negeri 4 Langkat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di MTs Negeri 4 Langkat. Penelitian ini menggunakan beberapan teknik pengumpulan data di antaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru fikih dalam perencanaan bahan pembelajaran untuk siswa kelas VII MTs Negeri 4 Langkat dalam menyusun perencanaan bahan pembelajaran sudah sesuai dengan pedoman yang diterapkan oleh sekolah yang mana sudah ditetapkan oleh kemenag, guru fikih mengambil langkah strategi dengan menyusun perencanaan bahan pembelajaran untuk (1 semester) dengan mengikuti kurikulum merdeka. Strategi yang efektif yang diterapkan guru fikih harus memahami secara mendalam tentang kurikulum, kompetensi, merencanakan tujuan, memilih strategi, dan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, guru fikih memahami perencanaan untuk menciptakan proses pembelajaran yang baik, dengan adanya ketersediaan buku teks pembelajaran yang sudah sesuai kurikulum merdeka selain itu fasilitas teknologi juga sudah memadai. namun terdapat hambatan mulai dari keterbatasan waktu dalam proses menyusun perencanaan bahan pembelajaran dan keterbatasan waktu dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2025