Kajian ini menguraikan beberapa faktor yang mempenaruhi pemerolehan bahasa kedua (SLA). Hal tersebut perlu diselidiki bagaimana dampaknya terhadap pedagogis atau kemampuan prakek pembelajaran. Di samping itu, banyak peneliti SLA yang mendiskusikan perihal ini dan membawa partisipan ke dalam penelitian mereka. Rancangan penulisan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan mengacu pada jenis penelitian kepustakaan, mengkaji beberapa jurnal tentang pemerolehan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan implikasi pedagogi memerlukan landasan utama yang berpijak pada kemampuan pembelajaran bahasa yang efektif di kelas. Pentingnya pemahaman pemerolehan bahasa kedua dilihat dari beberapa faktor, antara lain faktor kendala usia, faktor lingkungan bahasa, faktor metodologi pengajaran, dan faktor motivasi peserta didik. Faktor-faktor tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para guru, khususnya untuk kembali menerapkan pembelajaran bahasa kedua dengan memperhatikan faktor tersebut agar lebih ideal diterapkan di kelas. Kata Kunci : Pembelajaran Pemerolehan bahasa kedua, Implikasi pedagogi, Faktor pembelajaran.
Copyrights © 2024