Jurnal Hamka ilmu pendidikan islam
Vol. 4 No. 01 (2024): edisi july 2024

TEKNIK STORYTELLING (BERCERITA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ASING PESERTA DIDIK DI PIAUD RAIDHATUL ILMI

Ahamad Imam Muzaqi (STIT Internasional Muhammadiyah Batam)



Article Info

Publish Date
16 May 2025

Abstract

Berbicara merupakan cara pertama anak-anak untuk berinteraksi dengan guru, teman sejawat maupun orang lain. Selain itu, keberhasilan dalam belajar bahasa asing bagi peserta didik pada awalnya bisa ditinjau dari kemampuan berbicara. Namun, hal itu tentu dirasa sulit dilakukan bagi para peserta didik di jenjang usia anak usia dini, terlebih untuk berbicara bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Ada sebuah Banyak alasan mengapa mereka mengalami kesulitan dalam berbicara, seperti kurangnya pemahaman, kurangnya kosa kata untuk mengungkapkan gagasan, kurangnya kesempatan untuk berbicara, dan kurangnya metode pengajaran yang menarik yang dapat memotivasi mereka untuk berbicara. Oleh karena itu, kajian ini menjawab asumsi-asumsi tersebut dengan membandingkan salah satu lembaga sekolah usia dini yang telah menerapkan metode bercerita, yakni PIAUD Raidhatul Ilmi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tindakan kelas yang tujuan utamanya adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya teknik bercerita bisa meningkatkan kemampuan bahasa asing. Subyek penelitian ini adalah beberapa guru dan peserta didik PIAUD Raidhatul Ilmi yang berjumlah 23 peserta didik tahun dari 2022/2023. Data dari penelitian diperoleh dari observasi dan tes berbicara. Hasilnya menunjukkan ada sebuah peningkatan pada peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berbicara dengan menggunakan metode bercerita. Bercerita mampu meningkatkan kemampuan mereka dari sudut pemahaman, kelancaran, kosa kata, tata bahasa, dan pengucapan. Kata Kunci : Teknik bercerita, kemampuan berbicara, pembelajaran bahasa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hamka

Publisher

Subject

Arts Humanities Neuroscience Social Sciences Other

Description

HAMKA Journal of Educational Sciences (E-ISSN 2829-8705) is a quality open access peer-reviewed research journal published by The STIT Internasional Muhammadiyah Batam Indonesia. The focus and scope of this journal are on Early Childhood Islamic Education, and Arabic Language Education. Jurnal Hamka ...