Jurnal Hamka ilmu pendidikan islam
Vol. 1 No. 02 (2021): Edisi Desember 2021

Analisis Faktor Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIIIdiUlil Albab

Suyono Abdul Rahmad Syaputra Batubara (STIT Internasional Muhammadiyah Batam)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Di antara sekian banyak bahasa, bahasa Arab memiliki keistimewaan dari struktur, kosakata, hingga kaidahnya dalam bahasa arab. Diantara siswa masih terbata dalam membacanya, sulit dalamberbicara, menulis dan menyimak seperti pada siswa SMP Muhammadiyah Batamsehingga tujuanpenelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan mereka dalam belajar bahasa Arab. Metodepenelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah kualitatif deskriptif dengan observasi, penyebaran angket dan wawancara sebagai teknik dan instrumen pengumpulan datanya. Problembelajar bahasa Arab siswa SMP MUhammadiyah ditemukan pada faktor internal yang mencakuppelafalan,, kosa kata, dan penulisan, pemahaman . Sedangkan faktor lainnya adalah eksternal yangmeliputi minat rendah, motivasi belajar, dan keterbatasan waktu. Kedua faktor penghambat tersebutkerap melingkari pelajar bahasa Arab yang menjadi kendala dalam belajar bahasa Arab dan perlumendapat perhatian lebih untuk mengatasinya. Kata kunci : Analisis, Kesulitan belajar, bahasa Arab.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

hamka

Publisher

Subject

Arts Humanities Neuroscience Social Sciences Other

Description

HAMKA Journal of Educational Sciences (E-ISSN 2829-8705) is a quality open access peer-reviewed research journal published by The STIT Internasional Muhammadiyah Batam Indonesia. The focus and scope of this journal are on Early Childhood Islamic Education, and Arabic Language Education. Jurnal Hamka ...