Jurnal Hamka ilmu pendidikan islam
Vol. 2 No. 02 (2022): Edisi Desember 2022

IMPLEMENTASI METODE UMMI UNTUK MENINGKATKANKUALITASMEMBACA AL-QUR’AN DI SMP NAMIRA KOTA PROBOLINGGO

Abdul Hamid Gama Victorya A. Dimas Adji Pangestu, Benny Prasetiya (Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Upaya meningkatkan mutu membaca Siswa SMP Kelas Ummi Al- Quran dengan memakaitata cara ummi di SMP Namira Kota Probolinggo Tahun Ajaran 2021/ 2022. Penelitian ini merupakanpenelitian tindakan kelas yang bertujuan guna tingkatkan terampil membaca Siswa SMP Namira KotaProbolinggo kelas Ummi Al- Quran dengan tata cara ummi. Subjek penelitian ini merupakansiswakelas VII SMP Namira Kota Probolinggo sebanyak 15 partisipan didik. Perlengkapan pengumpulinformasi yang digunakan berbentuk lembar observasi serta uji objektif munaqasyah, bersumber padahasil observasi pada tindakan siklus I serta siklus II ada kenaikan mutu membaca siswa. Secarauniversal diperoleh 50% siswa disiklus I serta 80% disiklus II. Kenaikan mutu membaca ini terjadidikarenakan siswa bersemangat menjajaki tahapan pengarahan guru, Berikutnya didapatkanpadakenaikan hasil belajar yang nampak pada kriteria indeks gain masing- masing siswa ialah 7siswabelum standart serta 8 siswa besar disiklus I, 12 peserta didik besar disiklus II, 3 peserta didikmenggapai standart. Kata Kunci: Metode Ummi, Membaca Al-Quran, SMP Namira

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hamka

Publisher

Subject

Arts Humanities Neuroscience Social Sciences Other

Description

HAMKA Journal of Educational Sciences (E-ISSN 2829-8705) is a quality open access peer-reviewed research journal published by The STIT Internasional Muhammadiyah Batam Indonesia. The focus and scope of this journal are on Early Childhood Islamic Education, and Arabic Language Education. Jurnal Hamka ...