Tujuan tulisan ini menyajikan tentang konsep bermain aktif dan bermain pasif sertapengembangannya bagi anak usia dini. Metedologi atau pendekatan yang digunakan dalamtulisaninimenggunakan metode atau pendekatan library research dengan teknik pengumpulan data dilaksanakandengan cara menelaah jurnal, buku, sumber-sumber data dan informasi lainnya yang relevan dengankajian. Pada kajian ini diperoleh bahwa bermain bagi anak secara umum dapat dikategorikan menjadidua yaitu bermain aktif dan bermain pasif. Dua jenis bermain tersebut secara umumsangat berpengaruhterhadap perkembangan anak usia dini dalam segala aspek perkembangannya. Sering sekali orangtuaatau masyarakat menganggap bahwa bermain adalah bentuk dari main-main. Padahal kedua hal tersebutmemiliki arti yang sangat berbeda. Sebagian guru juga menjadikan kegiatan bermain sebagai selingansaat anak belajar di kelas. Permasalahan ini ditakutkan dapat berefek terhadap anak, karena kurangnyakesempatan bermain bagi anak dapat menghambat perkembangannya. Oleh karena itu mengetahuipengaruh bermain bagi anak adalah suatu hal yang sangat penting bagi para orang tua, pendidik maupunmasyarakat agar dapat mengembangkan segala aspek perkembangan anak usia dini. Pada penelitianiniditemukan bahwa bermain aktif dan bermain pasif, memiliki pengaruh yang besar bagi perkembangananak. Kata Kunci: Kategori bermain, Pengaruh Bermain, Anak Usia Dini
Copyrights © 2023