Aslama: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 1 (2024): Aslama: Jurnal Pendidikan Islam

Pembelajaran Berbasis Reward Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII MTs Al-Fajar Parenggean

Haifa, Nur (Unknown)
Reza, Muhammad (Unknown)
Candra, Rovi (Unknown)
Lisnawati, Lisnawati (Unknown)
Sapitri, Dea (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Guru Fikih merupakan seorang pendidik yang mengajarkan ajaran agama Islam dan membimbing anak didik ke arah pencapaian kedewasaaan. Oleh karena itu dalam pembelajaran yang dilakukan, guru fikih khususnya, harus memiliki metode pembelajaran yang menyenangkan dan menstimulasi keinginan siswa untuk mempelajari fiqih. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran berbasis reward pada mata pelajaran fiqih kelas VIII MTS Al-Fajar Parenggean. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif yakni prosedur penelitian yang menekankan pada kualitas atau mutu suatu penelitian yang mengacu pada teori, konsep, defenisi, karakteristik, maupun simbol-simbol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan reward efektif di Kelas VIII Mts Al-Fajar Parenggean efektif digunakan karena tingkat perhatian peserta didik terhadap pembelajaran meningkat, ingkat keyakinan, percaya diri dan rasa tanggung jawab siswa meningkat serta tingkat kepuasaan dalam proses pembelajaran yang baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aslama

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Mathematics Other

Description

Aslama: Jurnal Pendidikan Islam (JPI) is a national journal managed by the Faculty of Islamic Religion Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published by the Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya two times a year (in June and December), contains ...