Terdapat miskonsepsi Mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal eksponen. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis jenis miskonsepsi dan penyebab serta solusi dalam mengerjakan soal-soal eksponen dan logaritma. Subyek penelitian adalah 25 siswa di Universitas Swasta di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, yang mengerjakan 3 soal materi eksponen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitati.. Pengumpulan data penelitian melalui tes soal. Teknik analisis data yang dilakukan antara lain reduksi data, pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil tes siswa menunjukkan bahwa miskonsepsi mahasiswa dalam menyelesaikan soal eksponen terdiri dari beberapa jenis yaitu kesalahan dalam membaca soal, kesalahan dalam memahami soal, kesalahan dalam melakukan transformasi soal, kesalahan dalam keterampilan proses dan kesalahan dalam penarikan kesimpulan. Adapun penyebab dari miskonsepsi siswa pada materi ekponen yaitu minimnya pengetahuan terhadap konsep eksponen dan minimnya rasa percaya diri dalam menyelesaikan soal eksponen. Selain itu, solusi dari miskonsepsi pada materi eksponen yaitu perlunya waktu belajar yang cukup, pemahaman materi bisa diperdalam melalui kegiatan pembelajaran yang memerlukan keaktifan mahasiswa dalam menemukan sebuah konsep materi tersebut. Kemudian, Dosen juga bisa memberikan lebih banyak latihan soal untuk dikerjakan mahasiswa. Dengan demikian, terciptanya pembelajaran menjadi lebih bermakna, dan ketika diberikan soal, mahasiswa juga dapat menyelesaikan dengan meminimalisir kesalahan-kesalahan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025