Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan: 1) Media pembelajaran Abiqu dengan gamifikasi pada materi cerita pendek SMA, 2) tingkat kelayakan dan respon terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pemahaman penerapan media gamifikasi pada materi cerita pendek dan masih terdapat pembelajaran dengan media yang kurang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan tahapan 1) Analysis, 2) Design, 3) Devlopment of Production, 4) Implementation or Delivery and 5) Evaluation (ADDIE). Penelitian ini menggunaan Teknik pengumpulan data yaitu mencari literatur, internet, jurnal dan di perkuat secara nyata dengan wawancara kepada pengajar bahasa Indonesia untuk memperoleh data kebutuhan. Adapun sumber data terdiri dari ahli Materi, ahli media, guru dan peserta didik. Hasil validasi produk diperoleh 1) Validasi ahli materi memperoleh presentasi 83% dengan kriteria sangat layak, 2) Validasi ahli media memperoleh 84% dengan kriteria sangat layak, 3) Uji coba Luas memperoleh 85%. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukan bahwa pengembangan abiqu dengan gamifikasi mendapatkan respon yang baik. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media abiqu dengan gamifikasi pada materi cerita pendek layak digunakan sebagai media pembelajaran cerpen siswa SMA/Sederajat.
Copyrights © 2025