Penelitian ini mengeksplorasi filosofi pendidikan melalui pendekatan teori beralasan (grounded theory) untuk membangun pengetahuan yang lebih mendalam dan holistik. Penelitian menggunakan metodologi kualitatif, yaitu mengumpulkan data dari wawancara mendalam dengan para pendidik, analisis literatur, dan observasi di lingkungan pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa filosofi pendidikan bukan hanya tentang transfer pengetahuan, tetapi juga tentang pembentukan karakter, nilai-nilai moral, dan pengembangan kemampuan berpikir kritis. Pendekatan teori beralasan memungkinkan untuk mengungkap berbagai perspektif yang mempengaruhi praktik pendidikan dan memberikan kerangka kerja yang lebih komprehensif untuk lebih memahami dan mengembangkan filosofi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Penelitian dengan menggunakan pendekatan yang lebih holistik dan adaptif diperlukan dalam pengembangan kurikulum dan strategi pengajaran, untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan efektif.
Copyrights © 2025