Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 3 No. 4 (2025): November - January

Membangun Pengetahuan: Pendekatan Teori Beralasan untuk Memahami Filosofi Pendidikan

Kusumaningtyas, Wahyu (Unknown)
Saputra, Andika Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi filosofi pendidikan melalui pendekatan teori beralasan (grounded theory) untuk membangun pengetahuan yang lebih mendalam dan holistik. Penelitian menggunakan metodologi kualitatif, yaitu mengumpulkan data dari wawancara mendalam dengan para pendidik, analisis literatur, dan observasi di lingkungan pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa filosofi pendidikan bukan hanya tentang transfer pengetahuan, tetapi juga tentang pembentukan karakter, nilai-nilai moral, dan pengembangan kemampuan berpikir kritis. Pendekatan teori beralasan memungkinkan untuk mengungkap berbagai perspektif yang mempengaruhi praktik pendidikan dan memberikan kerangka kerja yang lebih komprehensif untuk lebih memahami dan mengembangkan filosofi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Penelitian dengan menggunakan pendekatan yang lebih holistik dan adaptif diperlukan dalam pengembangan kurikulum dan strategi pengajaran, untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...