COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 12 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Kepemimpinan Moderasi Beragama di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kasongan : Membangun Generasi yang Toleran dan Harmonis

Rahmi Hayati (IAIN Palangka Raya, Indonesia)
Jasiah Jasiah (IAIN Palangka Raya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Indonesia sebagai negara multikultural menghadapi tantangan dalam menjaga harmoni sosial, khususnya dalam konteks kehidupan beragama. Moderasi beragama menjadi prinsip utama untuk menyeimbangkan komitmen terhadap ajaran agama dengan keterbukaan terhadap perbedaan. Dalam dunia pendidikan, madrasah memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama guna membentuk karakter peserta didik yang inklusif dan toleran. Namun, implementasi moderasi beragama di madrasah menghadapi berbagai tantangan, seperti perbedaan pemahaman konsep moderasi, pengaruh paham keagamaan eksklusif, serta keterbatasan kurikulum yang mendukung nilai-nilai moderasi. Artikel ini membahas bagaimana kepemimpinan madrasah berperan dalam membangun lingkungan pendidikan yang harmonis melalui strategi kepemimpinan inklusif, integrasi nilai-nilai toleransi dalam kurikulum, pemberdayaan guru sebagai agen moderasi, serta kolaborasi dengan masyarakat dan lembaga keagamaan. Studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kasongan menunjukkan bahwa kepemimpinan yang adaptif dan inklusif mampu menciptakan interaksi sosial yang harmonis antara guru, siswa, dan lingkungan sekitar. Dengan strategi yang tepat, madrasah dapat menjadi wadah efektif dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama, sehingga melahirkan generasi yang toleran dan siap menghadapi keberagaman di masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

comserva

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

The mission of COMSERVA : Indonesian Jurnal of Community Services and Devleopment as the result of community services activities. The activities are including the implementation of science development and applied technology to empower society and realize sustainable development. The journal ...