Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 2 (2025): Mei - Juli

Strategi Penentuan Harga Produk Berdasarkan Daya Beli Produk F and B di Koperasi SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo

Silahudin, Silahudin (Unknown)
Yulikurniawati, Yulikurniawati (Unknown)
Suwangsih, Iwang (Unknown)
Kusumayati, Nindya Kartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2025

Abstract

Terhadap kebutuhan konsumen utamanya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penentuan harga produk makanan dan minuman (F and B) di koperasi SMA Hang tuah 2 berdasarkan daya beli siswa. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung di koperasi sekolah, serta dokumentasi internal seperti laporan penjualan dan daftar harga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koperasi menerapkan segmentasi harga untuk menjangkau berbagai tingkat daya beli siwa, mulai dari produk dengan harga rendah hingga menengah. Selain itu koperasi secara rutin menyesuaikan harga berdasarkan kondisi ekonomi siswa dan komsumsi. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan kepuasan siswa dan menjaga stabilitas penjualan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya survey berkala dan pelibatan aktif siswa dalam proses evaluasi harga agar koperasi semakin responsif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...