Revolusi Industri 4.0 telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam sistem pendidikan. Pendidikan Islam menghadapi tantangan untuk tetap relevan dalam membentuk karakter religius peserta didik di tengah arus digitalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik serta mengidentifikasi strategi yang tepat untuk diterapkan di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka (library research) untuk menggali literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai keimanan, akhlak, dan spiritualitas melalui pendekatan pembelajaran yang holistik dan integratif. Pemanfaatan teknologi, keteladanan guru, serta integrasi nilai-nilai Islam dalam seluruh mata pelajaran merupakan strategi efektif dalam membentuk karakter religius di era digital. Pendidikan Islam juga menjadi penyeimbang dalam menghadapi dampak negatif globalisasi dan teknologi. Kesimpulannya, pendidikan Islam memiliki kontribusi penting dalam membentuk karakter religius peserta didik yang mampu menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0 secara moral dan spiritual.
Copyrights © 2025