Pendidikan karakter menjadi kebutuhan mendesak dalam membina Generasi Alpha yang tumbuh di era digital dan penuh disrupsi nilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi integratif antara pendekatan psikologis dan pendidikan Islam dalam pembentukan karakter Generasi Alpha melalui metode Systematic Literature Review (SLR) dengan protokol Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA). Hasil telaah terhadap 15 artikel ilmiah menunjukkan bahwa integrasi psikologi dan pendidikan Islam menjadi fondasi efektif dalam menanamkan nilai-nilai seperti empati, tanggung jawab, dan spiritualitas. Pendekatan psikologis seperti teori belajar sosial, penguatan hubungan emosional, dan penggunaan media naratif terbukti memperkuat proses internalisasi nilai. Di sisi lain, metode Islami seperti keteladanan, pembiasaan, dan refleksi Qur’ani secara konsisten mengarahkan peserta didik pada pembentukan karakter yang berakar pada nilai tauhid dan moralitas Islam. Selain itu, pemahaman tahap perkembangan anak dan integrasi teknologi dalam kurikulum karakter Islam dipandang krusial untuk menjawab tantangan generasi digital. Studi juga menekankan pentingnya keterlibatan keluarga dan masyarakat dalam mendukung pendidikan karakter berbasis nilai Qur’an dan Hadis
Copyrights © 2025