Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan hasil pelaksanaan penilaian pembelajaran teks persuasi pada siswa kelas V sekolah dasar dalam konteks pembelajaran berbasis rumah. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif selama dua bulan di SDN 26 Payakumbuh, penelitian ini melibatkan lima siswa dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki sikap positif terutama pada aspek gotong royong dan integritas, dengan skor rata-rata 18–19. Pemahaman struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi dinilai cukup baik melalui soal pilihan ganda, sedangkan dalam keterampilan menulis dan lisan masih ditemukan variasi kemampuan yang memerlukan bimbingan lebih lanjut. Penelitian ini juga menemukan kendala utama berupa variasi kemampuan siswa dan keterbatasan media pembelajaran, yang dapat diatasi melalui pendekatan personal dan adaptif dari guru serta keterlibatan aktif orang tua. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan metode penilaian berbasis rumah yang relevan dan efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar
Copyrights © 2025