Keterampilan menulis merupakan bagian penting dari penguasaan bahasa yang mendukung kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan sistematis siswa sekolah dasar. Namun, banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis teks eksplanasi yang sesuai dengan kaidah dan struktur yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas V SDN 32 Sungai Jariang. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes menjawab soal dan penugasan menulis teks eksplanasi, yang kemudian dianalisis menggunakan rubrik penilaian mencakup aspek judul, struktur, isi, kebahasaan, dan mekanik penulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima siswa yang menjadi subjek penelitian memperoleh skor di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dengan kesalahan pada struktur teks, penggunaan ejaan, dan keterpaduan informasi. Temuan ini menunjukkan perlunya bimbingan intensif dan strategi pembelajaran yang lebih adaptif serta kolaboratif antara guru, siswa, dan orang tua untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran Bahasa Indonesia yang lebih relevan dan kontekstual bagi siswa.
Copyrights © 2025