QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 3 No 2 (2025): 2025

Tantangan Berpikir Desain Dalam Menyelesaikan Masalah Garis Singgung Lingkaran Berbantuan Gemini: Analisis Pada Siswa Berkategori Tinggi

Lu'lu'ul Mu'awanah (Universitas Islam Sultan Agung)
Mohamad Aminudin (Universitas Islam Sultan Agung)



Article Info

Publish Date
29 May 2025

Abstract

Garis singgung lingkaran sering menjadi tantangan dalam pembelajaran geometri karena membutuhkan pemahaman konseptual dan kemampuan berpikir kritis. Pendekatan berpikir desain berbantuan teknologi seperti Gemini dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan efektivitas penyelesaian masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana siswa berkategori tinggi menerapkan proses berpikir desain dalam menyelesaikan masalah garis singgung lingkaran dengan bantuan Gemini. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas XI F MAN 2 Semarang yang memiliki skor awal tes berpikir desain tinggi. Data dikumpulkan melalui tes berpikir desain dan wawancara semi terstruktur. Hasil menunjukkan bahwa subjek mampu memenuhi hampir seluruh tahapan berpikir desain, seperti empathize, define, ideate, prototype, dan test, dengan kemampuan merumuskan masalah, menghasilkan ide strategis, serta mengevaluasi solusi secara kritis. Gemini digunakan aktif sebagai sumber informasi dan alat refleksi, memfasilitasi eksplorasi solusi alternatif yang lebih mendalam. Keberhasilan berpikir desain pada siswa kategori tinggi ini didukung oleh penguasaan konsep, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan menyusun strategi yang baik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...