Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 6 No. 4 (2025): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Pengaruh Motivasi Peserta Dan Lingkungan Belajar Terhadap Kompetensi Di Balai Latihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Karawang

Mela Andini (Universitas Buana Perjuangan karawang)
Aji Tuhagana (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Zenita Apriani (Universitas Buana Perjuangan Karawang)



Article Info

Publish Date
13 May 2025

Abstract

Balai Latihan Kerja merupakan salah satu upaya penting yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Disnakertrans dalam rangka menciptakan tenaga kerja yang sesuai dengan tuntutan industri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana motivasi peserta dan kondisi lingkungan belajar memengaruhi peningkatan kompetensi di Balai Latihan Kerja. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif, dengan melibatkan 48 responden dari total 304 peserta melalui metode probability sampling. Data dikumpulkan secara daring melalui Google Form dengan menggunakan skala Likert, kemudian dianalisis dengan SPSS 26 melalui serangkaian uji validitas, reliabilitas dan asumsi klasik. Teknik analisis yang digunakan mencakup regresi linier berganda, uji T, uji F serta perhitungan koefisien determinasi. Hasil uji T menunjukkan bahwa baik motivasi maupun lingkungan belajar memberikan pengaruh secara individu terhadap peningkatan kompetensi peserta. Sementara itu, hasil uji F mengungkapkan bahwa kedua variabel tersebut secara bersamaan berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan kompetensi peserta pelatihan di Balai Latihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Karawang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...