Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 6 No. 4 (2025): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Analisis Pengaruh Penggunaan Sosial Media, Inovasi, Dan Pengalaman Usaha Terhadap Peningkatan Penjualan Umkm Dengan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi

Ari Saputra (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ahmad Mardalis (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
29 May 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh penggunaan media sosial, inovasi, dan pengalaman usaha terhadap peningkatan penjualan UMKM dengan kepercayaan pelanggan sebagai variabel mediasi. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 125 pelaku UMKM di Sukoharjo sebagai responden, data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh langsung signifikan terhadap kepercayaan pelanggan dan peningkatan penjualan. Inovasi dan pengalaman usaha berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan pelanggan, namun tidak secara langsung terhadap penjualan. Kepercayaan pelanggan terbukti menjadi mediator yang signifikan dalam hubungan antara variabel-variabel tersebut dan peningkatan penjualan. Temuan ini menekankan pentingnya strategi pemasaran digital dan pembangunan kepercayaan pelanggan dalam meningkatkan daya saing dan pertumbuhan UMKM. Studi ini memberikan rekomendasi praktis bagi pelaku UMKM dalam mengoptimalkan teknologi dan strategi hubungan pelanggan secara efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...