JOECE: Journal of Early Childhood Education
Vol 1 No 1 (2024): Juni

Penggunaan Alat Permainan Edukatif Indoor Intelligence Stick dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Kober Fajar Ciamis

Yusuf Hidayat (Prodi PIAUD, STAI Putra Galuh Ciamis)
Nurlaela Nurlaela (Prodi PIAUD, STAI Putra Galuh Ciamis)
Didah Rosidah (Prodi PIAUD, STAI Putra Galuh Ciamis)



Article Info

Publish Date
17 May 2024

Abstract

Aspek kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan yang sangat penting untuk dikembangkan dalam pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian perkembangan aspek kognitif anak menggunakan APE Indoor Intelligence Stick. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang mana setiap siklus dilaksanakan masing-masing 3 kali pertemuan. Setiap siklus mengacu pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang meliputi empat komponen yaitu pertama perencanaan (planning), kedua tindakan (acting), ketiga pengamatan (observing) dan keempat refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan APE Indoor Intelligence Stick dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam menunjukkan dan menyebutkan lambang bilangan 1-10, mampu menunjukkan dan menyebutkan lambang benda-benda yang berada di sekitar kehidupan anak, menjumlahkan benda yang dilihat anak, dan menuliskan lambang bilangan, lambang benda-benda, serta huruf yang telah disebutkan. Kesimpulannya, melalui penggunaan APE Indoor Intelligence Stick, anak lebih tertarik, lebih aktif dan lebih bersemangat dalam pembelajaran, juga dapat mengembangkan aspek kognitif anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joece

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JOECE: Journal of Early Childhood Education aims to share innovative models, programs, research, policies, and practices that enhance early childhood education worldwide. It serves a global audience committed to building sustainable, positive futures for children. The journal welcomes contributions ...