Aspek kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan yang sangat penting untuk dikembangkan dalam pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian perkembangan aspek kognitif anak menggunakan APE Indoor Intelligence Stick. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang mana setiap siklus dilaksanakan masing-masing 3 kali pertemuan. Setiap siklus mengacu pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang meliputi empat komponen yaitu pertama perencanaan (planning), kedua tindakan (acting), ketiga pengamatan (observing) dan keempat refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan APE Indoor Intelligence Stick dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam menunjukkan dan menyebutkan lambang bilangan 1-10, mampu menunjukkan dan menyebutkan lambang benda-benda yang berada di sekitar kehidupan anak, menjumlahkan benda yang dilihat anak, dan menuliskan lambang bilangan, lambang benda-benda, serta huruf yang telah disebutkan. Kesimpulannya, melalui penggunaan APE Indoor Intelligence Stick, anak lebih tertarik, lebih aktif dan lebih bersemangat dalam pembelajaran, juga dapat mengembangkan aspek kognitif anak usia dini.
Copyrights © 2024