Penelitian ini dilaksanakan di UPT SMK Negeri 1 Pinrang. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui 1) Kemampuan belajar siswa 2) Pelaksanaan bimbingan dan konseling, serta 3) Upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kemampuan belajar Peserta Didik Kelas XI DKV UPT SMK Negeri 1 Pinrang. Subjek dari penelitian ini adalah guru BK dan Siswa yang telah melakukan berbagai upaya berkaitan dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan langsung/observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga tahapan proses, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa 1) kemampuan siswa dalam belajar sudah tergolong baik, hal itu terlihat ketika mereka bisa belajar dengan baik dan memperoleh nilai yang baik juga, 2) pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMK Negeri 1 Pinrang sudah baik namun terdapat kendala yakni tidak adanya alokasi waktu mengajar di kelas sehingga pelayanan bimbingan dan konseling yang diberikan hanya bersifat insidentil, 3) upaya yang dilakukan guru BK dalam meningkatkan kemampuan belajar Peserta Didik adalah dengan menumbuhkan motivasi belajarnya, menumbuhkan rasa percaya dirinya, bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas, memberikan layanan yang dapat menumbuhkan semangat belajarnya serta mendisiplinkan siswa.
Copyrights © 2025